Semua tulisan di sini adalah hasil uneg-uneg kala bete berat, jam kuliah kosong, dan ketika hotspot kampus bisa diajak kerja sama.
RSS

About Me

Foto Saya
LiliQue
Anak bungsu dari 4 bersaudara. Waktu kecil nakal setengah mati dan hobi banget berkelahi. Sekarang jadi mahasiswi teknik informatika Universitas Negeri Malang yang masih aja sering pulang karena kangen masakan ibu tercinta (yah gimana ga kangen masakan rumah kalo makanan anak kos ya begitu-begitu aja!). Punya rambut panjang sepunggung tapi sering dipanggil 'Mas', tinggi semampai (a.k.a semeter tak sampai). Selalu dapat peran jadi hantu kalo ada drama gara2 punya mata besar dan nakutin kalo melotot. Enggak terlalu berbakat berurusan sama anak kecil karena kalo ada anak kecil yg tadinya diam pasti cemberut begitu liat aku, yg tadiny ketawa ngakak malah nangis terisak..(ga tau knapa padahal akunya diem aja...ckck...ckck...).
Lihat profil lengkapku
Welcome to My Blog

Yang melirik Blog seadanya ini..

Fungsi Menu dan Ikon pada Software Pengolah Kata

Perkembangan perangkat lunak yang semakin pesat memunculkan persaingan keunggulan pada masing-masing perangkat lunak tersebut. Perangkat lunak Pengolah kata merupakan perangkat lunak berbasis aplikasi yang pada kenyataanya banyak beredar dan mempunyai ciri-ciri dan keunggulannya masing-masing.
Microsoft Word (Ms. Word) adalah perangkat lunak pengolah kata yang akan dibahas , walaupun masih banyak program pengolah kata yang dipergunakan oleh para pengguna, seperti WordStar, AmiPro, WordPerfect dan lain-lain ataupun yang berbasis open source. Dalam hal ini Ms. Word lebih banyak menyediakan fasilitas kemudahan dalam penggunaannya, memberikan hasil yang maksimal dalam pengolahannya, kemudian tampilan yang menarik dalam keluarannya dan lain-lain. Program aplikasi Microsoft Word mempunyai ciri khas yaitu ikonnya berbentuk huruf W dan Ekstention-nya adalah doc. Word merupakan salah satu paket dari Microsoft Office yang direlease oleh perusahaan perangkat lunak dunia, Microsoft.
Program aplikasi pengolah kata (Microsoft Word) pada prinsipnya lebih banyak menekankan fitur dibidang pengaturan (formating), penyuntingan (editing), dan alat bantu (tools), serta kemudahan dalam bidang penyisipan (insert) baik teks maupun objek lain (bisa gambar atau foto) yang dapat memberikan makna yang berarti bagi program aplikasi pengolah kata.

Menu dan Ikon Menu adalah bentuk perintah yang ditampilkan dalam bentuk simbol teks. Menu di dalam Word terdiri atas submenu File, Edit, View, Insert, Format, Tools, Table, Window, dan Help. Di dalam menu-menu tersebut terdapat banyak perintah yang sudah terkategori menurut menu di atasnya. Menu File berisi perintah-perintah yang berhubungan dengan file (berkas), menu Edit berisi perintah-perintah penyuntingan, menu View berisi perintah-perintah pengaturan layar tampilan, menu Insert berisi perintah-perintah untuk penyisipan, menu Format berisi perintah-perintah untuk pengaturan cetakan atau format cetakan, menu Tools berisi perintah-perintah alat bantu yang digunakan untuk melengkapi perintah-perintah sebelumnya, menu Table berisi perintah-perintah yang berhubungan dengan tabel, menu Window berisi perintah-perintah jendela kerja dan jendela objek lain, dan menu Help berisi perintah meminta bantuan.Ikon (icon) adalah bentuk perintah yang ditampilkan dalam bentuk simbol gambar yang mewakili operasi tertentu.
Ikon merupakan simbol yang mudah dikenal oleh pengguna, dan tidak jarang gambarnya disesuaikan dengan karekter perintahnya misalnya menyimpan file disimbolkan dengan bentuk disket.
1. Title bar atau Baris Judul merupakan program aplikasi dari file yang aktif
2. Icon control menu merupakan menu yang digunakan untuk mengontrol jendela yang sedang aktif.
3. Menu Bar (Baris Menu) berisi perintah berupa menu-menu perintah yang terdapat dalam Microsoft word dimulai dari menu File sampai dengan Help.
4. Standard Toolbar berisi perintah-perintah shotcut (singkat) yang membentuk icon-icon berupa icon New, Open, Save, Print, Cut, Copy, Paste, Undo, Redo dan seterusnya.
5. Formatting Toolbar berisi fasilitas-fasilitas untuk memformat teks berupa jenis huruf, tebal, miring, garis bawah, rata kiri, tengah, rata kanan, rata kiri dan kanan dan seterusnya.
6. Ruler Lines (baris penggaris) berisi pengaturan paragraf, batas kiri dan kanan pengetikan, tabulasi, tepi kiri dan kanan ukuran kertas dan lain-lain.
7. Drawing Toolbar (baris gambar) berisi fasilitas sederhana untuk menggambar, terdapat juga Word Art, Clip Art, Teks Box dan lain-lain.
8. View Layout Toolbar adalah Jenis-jenis view berisi jenis-jenis tampilan layar baik normal, Web Layout, Print, Layout dan Outline.
9. Status Bar adalah Baris status, untuk menampilkan berbagai informasi mengenai sesuatu hal yang berhubungan dengan posisi titik sisip sekarang berada.
10. Vertical Scroll bar adalah Baris penggulung berisi fasilitas untuk menggulung layar ke atas dan kebawah.
11. Horizontal scroll bar adalah Baris penggulung berisi fasilitas , untuk menggulung layar ke kiri dan ke kanan.
12. Insertion Point adalah kursor atau titik sisip berbentuk garis yang selalu berkedip-kedip.
Untuk lebih jelasnya mengenai fungsi masing-masing menu dan ikon yang ada di Microsoft Word, klik di sini.

0 komentar:

Posting Komentar